9 Fakta Sofar Sounds, konser unik yang bikin sensasi seru dan asik

9 Fakta Sofar Sounds, konser unik yang bikin sensasi seru dan asik

9 Fakta Sofar Sounds, konser unik yang bikin sensasi seru dan asik

sleepless-berlin.com - Ketika nonton konser musik, seringkali kita nggak fokus karena banyaknya gangguan. Ada yang teriak-teriak, ngobrol, ngambil gambar pakai ponsel yang membuat pandangan kita terhalang. Kalau sudah begini yang ada bukannya nonton konser musik tapi malah menyaksikan parade ponsel.   

Kondisi inilah yang membuat Sofar Sounds Jakarta berinisiatif memberikan alternatif format konser musik yang anti gangguan. Nah komunitas yang berdiri sejak Oktober 2017 lalu ini memang punya cara unik acapkali menggelar konser.

Meski gig yang digelar bisa disaksikan siapa saja, tapi nggak gampang lho untuk mendapatkan slot di acara Sofar Sounds. Penonton dipilih secara acak. “Pemilihan penonton melalui random screening menggunakan mesin pengacak nomor di Google. Kalau sudah terlalu membludak tidak bisa karena kapasitas kita juga terbatas,” ujar City Leader Sofar Sounds Jakarta Rasti Sryantoro kepada Brilio.net di sela-sela gelaran Xspace Brilio di Lot 8 SCBD, Jakarta Selatan, Minggu (1/7).

Nah jika kamu ingin tahu lebih jauh soal konser unik ini, berikut 10 fakta tentang Sofar Sounds yang berhasil dihimpun Brilio.net saat gelaran XSpace di Lot 8 SCBD, Jakarta Selatan, Minggu (1/7).

1. Hanya orang “terpilih” yang bisa nonton

Konser Sofar Sounds bisa ditonton siapa saja. Cuma ada syaratnya lho. Jadi calon penonton mesti melalui proses pendaftaran di sini. Lalu, dua minggu sebelum acara berlangsung, siapa saja yang sudah mendaftar akan dipilih secara acak oleh pihak Sofar Sounds hingga mencapai jumlah tertentu, sesuai kapasitas venue. Jadi, bisa dibilang yang akan datang ke gig Sofar Sounds itu memang yang sungguhan penasaran dan ingin nonton pertunjukan musik.

2. Serba misterius

Umumnya untuk menyaksikan konser musik kita tahu dong grup musik mana yang mau ditonton. Tapi jangan harap deh di Sofar Sounds. Sebab, pihak Sofar Sounds hanya memberitahu bakal ada pertunjukan. Itu saja. Sofar Sounds merahasiakan seluruh detail acara. Tidak ada informasi lebih. Jadi penonton yang terpilih baru akan tahu detail acara saat hari H ketika sudah tiba di venue karena ada informasi yang terpampang di pintu masuk. Pokoknya semuanya serba misterius deh.

3. Venue minimalis

Jangan kaget lho jika kamu menyaksikan konser musik di ruang tamu orang, basement gedung, atau ruang seni rupa. Umumnya venue ini disediakan secara sukarela dari pemiliknya yang memang sebagai music enthusiast. Yang jelas dengan venue minimalis, Sofar Sounds bakal menyajikan pengalaman berbeda bagi penonton yang datang. Inilah yang membedakan konser Sofar Sounds dengan gelaran musik lain.

4. Bisa menikmati musik tanpa gangguan deh

Pertunjukan Sofar Sounds memang disajikan untuk penonton yang benar-benar ingin menikmati musik secara live tanpa gangguan. Jadi nggak bakal ada deh yang menghalangi kita menonton apalagi sampai mengangkat ponsel untuk merekam musisi yang tampil.

5. Musisi yang beda

Sofar Sounds mengurasi saja band atau musisi yang tampil, biasanya sih emerging musicians atau musisi lokal baru yang potensial namun musiknya belum terdengar telinga orang banyak.

6. Nggak jarang bikin grogi musisi

Meski sudah menyandang predikat musisi dan bisa dibilang jago di dunia musik, bukan berarti mereka bisa dengan gampang menguasai panggung lho. Malah banyak juga musisi yang grogi. Maklum venue yang minimalis serta penonton yang tak berjarak kerap menjadi tantangan tersendiri bagi para musisi.   

7. Bisa ngetop sampai tingkat dunia lho

Dari setiap gig yang digelar, Sofar Sounds akan mendokumentasikan dan merekam penampilan para musisi. Lalu, dengan Sofar Alumni Program, mereka yang pernah terlibat di acara ini punya kesempatan untuk main di gig lain besutan Sofar Sounds di kota bahkan negara lain. Wah bisa go international nih.  

8. Sajian musik intimate

Karea venuenya kecil, jadi jarak antara penonton dengan musisi nyaris nggak ada. Penonton yang hadir benar-benar bisa menikmati musik secara intim, personal, dan nyaman. Dijamin deh penonton nggak bakal terdistraksi dengan hal-hal yang nyebelin.

9. Aturan buat penonton

Sebenarnya sih untuk menonton gig Sofar Sounds nggak dibuat aturan yang ketat. Cuma demi kelancaran acara biasanya Sofar Sounds menetapkan rambu-rambu yang perlu diperhatikan. Misalnya nggak boleh ngobrol saat musisi perform. Sebisa mungkin tidak mengambil gambar atau mengambil video saat musisi bernyanyi, apalagi ngobrol. Pokoknya nggak boleh beraktivitas menggunakan ponsel. Tujuannya untuk menghormati para musisi yang lagi main.     

Jadi kalau pengen nonton konser musik yang asik, nggak ada salahnya merasakan sensasi Sofar Sounds.