Muda & menggebrak, 5 musisi under 30 ini bakal ramaikan Java Jazz 2018

Muda & menggebrak, 5 musisi under 30 ini bakal ramaikan Java Jazz 2018

Muda & menggebrak, 5 musisi under 30 ini bakal ramaikan Java Jazz 2018

sleepless-berlin.com - Penikmat musik jazz mungkin tak semasif genre pop, rock, atau dangdut. Namun semakin ke sini, upaya memasyarakatkan jazz begitu gencar dilakukan. Misalnya saja penyelenggaraan pentas jazz di gunung, kampung atau desa, sampai yang akbar mengundang musisi kawakan internasional seperti Java Jazz Festival yang sudah berusia 13 tahun.

Musisi-musisi muda Tanah Air pun menunjukkan ketertarikannya pada jazz, baik mereka yang murni berangkat dari genre jazz maupun bukan. Beberapa di antara mereka juga kerap ikut tampil di panggung-panggung jazz. Bahkan ada yang satu panggung dengan musisi-musisi tersohor internasional di panggung bergengsi sekelas Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018.

Nah, kali ini brilio.net, Rabu (28/2), mengulas deretan penyanyi muda yang akan unjuk gigi dalam Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 pada 2-4 Maret mendatang. Belum 30 tahun tapi mereka sudah mendulang prestasi. Siapa saja mereka? Cek di bawah ini yuk, Sobat Brilio!

1. Jaz.

foto: Instagram/@jaz_hayat

Cowok asal Brunei Darussalam yang masih punya darah Indonesia ini terkenal dengan lagunya Dari Mata dan Kasmaran yang bikin kaum Hawa klepek-klepek. Selain suaranya yang membuai, paras yang ganteng, Jaz juga jago membuat lagu. Single pertamanya Dari Mata adalah hasil ciptaan Jaz sendiri.

Jaz juga beberapa kali masuk nominasi dan menyabet penghargaan acara musik yang diselenggarakan beberapa stasiun TV swasta Indonesia maupun di negara asalnya. Sebut saja salah satunya sebagai pendatang baru favorit.

Berlabuhnya cowok kelahiran Brunei, 5 Maret 1993 ini di industri musik Indonesia menorehkan cerita tersendiri. Pada tahun 2013 Jaz mengikuti ajang musik bergengsi di Singapura atas arahan panitia APM (Anugerah Planet Muzik). Panitia APM menilai Jaz cocok mewakili sosok muda bertalenta yang memberi pengaruh pada dunia digital sehingga layak tampil dalam APM 2013 yang bertema Social Media.

Lantas keberuntungan menghampiri Jaz di belakang panggung APM 2013. Pihak Artist Management Sony Music Indonesia menawarinya untuk bergabung. Akhirnya dia melahirkan single perdana pada awal tahun 2016 di Indonesia.

2. Adikara Fardy.

foto: Instagram/@adikaraf

Nama Adikara Fardy mungkin belum sebooming Jaz. Namun namanya beberapa waktu terakhir mencuat karena diajak sang ratu soundtrack film, Melly Goeslaw untuk mendaur ulang original soundtrack Eiffel Im In Love 2 berjudul Pujaanku.

Bila ditelusuri ke belakang, ternyata cowok yang masih berusia 17 tahun ini suka sekali mengcover lagu dan diunggah ke akun YouTube, Instagram, maupun Soundcloud pribadinya. Suaranya yang jazzy benar-benar bikin terhanyut. Dia siap menghipnotismu dalam perhelatan Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 lho. Jangan sampai terlewat ya, Sobat Brilio!

3. MLDJAZZPROJECT Season 3.

foto: dok. MLDSPOT

Musisi satu ini merupakan grup band yang lahir dari seleksi ribuan pendaftar MLDare2Perform Season 3 beberapa waktu lalu. Bergabung dalam grup bernama MLDJAZZPROJECT Season 3, mereka terdiri dari Windy Hariyadi (Vokal), Hezky Joe (Gitar), Hansen Arif (Drum), Yoshua (Piano), Muhammad Rizki Abdullah (Bass), dan Erick Giri (Wind & Brass).

Para musisi muda ini telah menjalani rangkaian kegiatan setelah dinyatakan menjadi jawara di setiap kategori MLDare2Perform Season 3. Mulai dari workshop khusus mengenai personal branding dan performing skill, pemotretan, syuting video klip, hingga jamming session dengan musisi senior seperti Devian Zikri, Syaharani, Nikita Dompas, Indro Hardjodikoro, Aksan Sjuman, Adra Karim, dan Indra Aziz.

Nah, sebagai gongnya, MLDJAZZPROJECT Season 3 ini akan tampil perdana dalam Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 bersanding dengan deretan musisi kawakan Tanah Air seperti Danilla, Marcel dan Pusakata. Gimana penampilan mereka ya?

Pastikan Sobat Brilio nggak terlewatkan pada Sabtu 3 Maret mendatang di MLDSPOT STAGE HALL A3 pukul 21.00. Di sana juga akan ada instalasi art Booth MLDSPOT Art & Sound Experience, MLDSPOT THE BEAT, dan MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour yang akan menemai keseruan kamu di Java Jazz. Jadi, jangan sampai nggak datang ya, guys.

foto: dok. MLDSPOT

4. Petra Sihombing.

foto: Instagram/@petra_sihombing

Pelantun tembang Pilih Saja Aku ini bukan hanya penyanyi, melainkan juga seorang penulis lagu. Bahkan Petra sudah menciptakan lagu sejak usia 15 tahun. Petra pula yang mengaransemen lagu-lagunya sendiri.

Selain pandai mengolah vokal, cowok yang pernah main film Love in Perth (2010) juga lihai menabuh drum dan memetik gitar. Dua instrumen musik ini sudah dia mainkan sejak masih duduk di bangku SD. Hal ini tak mengherankan. Petra lahir dari seorang ayah yang merupakan musisi gaek, Franky Sihombing.

Dalam perjalanannya di dunia musik, cowok 25 tahun tersebut pernah menelan pil pahit. Karyanya tak dilirik sama sekali oleh mayor label hingga akhirnya dia memproduksi lagu dan mengedarkannya secara indie.

Namun berkat kegigihannya, akhirnya sebuah mayor label menaungi Petra dalam berkarya mulai tahun 2011 lalu. Cowok alumni Institut Musik Indonesia tersebut juga pernah mendapat nominasi sebagai Penyanyi Pria Favorit dalam Nickelodeon Indonesia Kids’ Choice Awards (2011) dan Solo Pria Terdahsyat dalam Dahsyatnya Awards 2015.

5. Yura Yunita.

foto: Instagram/@yurayunita

Musisi muda selanjutnya yang mengisi deretan musisi under 30 yang akan menggebrak panggung Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018 adalah Yura Yunita. Cewek kelahiran Bandung 26 tahun lalu ini mengenal dunia musik sejak kecil. Yura dilingkupi anggota keluarga yang pandai bermusik.

Pelantun lagu Intuisi tersebut mulai aktif di dunia musik Tanah Air sejak 2013. Pada tahun 2014 dia menjadi duta portal Musik Bagus Indonesia yang diciptakan oleh Glenn Fredly. Tak mengherankan bila keduanya pernah berduet dalam lagu Cinta dan Rahasia (2014).

Semenjak mencuat meramaikan dunia musik Indonesia, cewek alumni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut langganan masuk nominasi ajang penghargaan. Sebut saja seperti Indonesian Choice Awards in 2015, 2016, dan 2017 untuk kategori Female Singer of the Year. Pada tahun 2015, Yura masuk nominasi kategori Best Soul/R&B Album dalam ajang Anugerah Musik Indonesia dan Best New Female Artist dalam perhelatan yang melibatkan tiga negara Indonesia, Malaysia, dan Singapura yakni Anugerah Planet Muzik.

Lagu Intuisi yang dirilis pada 2016 lalu, meraih jutaan view di YouTube hanya dalam beberapa bulan. Selain itu juga sempat menduduki peringkat 1 di tangga lagu banyak radio di Indonesia. Pada tahun 2017, cewek yang kerap tampil dengan poni ini memenangkan kategori Best Female Pop Singer dan Best Pop Songwriter of the Year dalam ajang Anugerah Musik Indonesia 2017.

Nah, gimana, Sobat Brilio? Musisi-musisi muda Indonesia di atas keren, kan? Mereka menunjukkan bahwa usia muda waktunya berupaya mewujudkan mimpi sesuai passion. Segala upaya ditempuh disertai doa dan keuletan. Hasilnya mereka rasakan pada akhirnya. Termasuk tampil di panggung sebesar dan sebergengsi Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018.

Makanya, yuk hadir ke perhelatan yang cuma satu tahun sekali ini. Jadilah saksi hasil kerja keras para musisi muda tampil dalam festival musik yang pernah memecahkan rekor menghadirkan 1.300 musisi pada 2010 lalu tersebut. Termasuk perform perdana MLDJAZZPROJECT Season 3 yang lahir dari proses seleksi ketat. Catat tanggalnya dan ajak semua teman-teman kamu untuk menyaksikan Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018.